Senin, 15 September 2014

Pendakian Rinjani 2

Huuuuu akhirnya nulis lagi setelah lama bermalas malasan dan semangat yang naik turun -_-"
 ..............................
Akhirnya kami tiba di basecamp Rinjani tepat pukul 11.00 Wita... Diharuskan untuk melakukan registrasi sebelum memulai pendakian di basecamp ini. Disini disediakan penyewaan alat pendakian, penyewaan jasa porter dan juga guide (wajib bagi turis mancanegara). Tetapi untuk perlengkapan pendakian seringkali habis disewa oleh para turis mancanegara yang rata rata setiap hari mendaki gunung Rinjani, jadi usahakan untuk membawa peralatan pendakian dari rumah masing masing selengkap lengkapnya :)
basecamp Rinjani Sembalun

Retribusi yang harus dibayar untuk pendakian Rinjani pada waktu itu adalah 6k per hari, kami berencana untuk melakukan perjalanan selama 4 hari 5 malam  jadi kami membayar 24k rupiah per kepala
Tepat pukul 12.00 WITA dengan Matahari yang sangat terik, kami memulai pendakian melalui Pos Sembalun. Pendakian gunung Rinjani sendiri bisa ditempuh dari 3 jalur (CMIIW), pertama pos sembalun dengan jalur yang panjang, padang sabana terbuka. Kedua dari Pos Senaru dengan jalur lebih pendek dari sembalun, banyak pepohonan dan pemandangan air terjun. ketiga dari Jalur selatan, jalur paling ekstrim dan tak jarang korban meninggal di jalur itu, dibutuhkan kekuatan, pengalaman dan juga keamanan yang tinggi untuk melewati jalur ini.

memulai pendakian
1 jam pertama kita akan disuguhkan dengan pemandangan ladang perkebunan warga sembalun, mulai dari ladang bawang, sawi,singkong, terung dan lain lain. lebar jalanannya lumayan sempit dan hanya cukup untuk satu orang. Setelah itu barulah kita disuguhkan dengan pemandangan padang sabana yang sangat indah
padang sabana
Menurut saya jalur ini sangat mudah untuk dilalui walaupun anda baru pertama kali mendaki gunung Rinjani, karena jalur atau jalan yang kita lewati sangat jelas. Tapi harus berhati hari saat berada di pintu hutan setelah padang sabana pertama, karena jalanannya bercabang dua,  kalau tidak hati hati bisa tersesat di dalam hutan kecil ini,, hhe

setelah pintu hutan
Setelah melewati pintu hutan kita kembali disuguhkan dengan pemandangan sabana yang sangat luas. Kami sungguh beruntung karena terik matahari yang panas mulai ditutupi oleh kabut yang semakin lama semakin tebal.
padang sabana

Perjalanan semakin lama semakin panjang, tim yang awalnya berbarengan, satu persatu mulai terpisah dari rombongan dan membentuk 3 tim. Saya bersama 5 orang pertama berhasil sampai di pos pertama pada pukul 14.15 Wita, yang artinya kami membutuhkan waktu sekitar 2jam 15 menit dari Pos Awal Sembalun. Setelah beristirahat sekitar 45 menit sembari menunggu tim yang lain datang, kami melanjutkan perjalanan ke pos 2 dengan jarak tempuh sekitar 1jam 15 menit.
pos 2
Pos 2 Tengengean ini terdapat sumber mata air yang dialirkan lewat pipa kecil, tapi kuaitas airnya tidak cukup jernih. Ya tidak apa apa, kan air gunung :D , kalau tidak kuat minum langsung, bisa ditambahkan dengan nutrisari atau kuku bima agar airnya berwarna dan berasa :D
tetap semangat
Setelah istirahat selama 30 menit, kami melanjutkan perjalanan melewati padang sabana yang diselimuti kabut serta udara yang mulai dingin., sungguh pengalaman baru bagi saya yang tak henti berkata wow .. woww. dan woooww.. :D
Akhirnya sampai juga di pos 3 bayangan setelah berjalan 1jam 30 menit. Kami akan beristirahat untuk semalam disini, karena waktu sudah pukul 17.30 Wita..

pos 3 bayangan

tim pertama
Keesokan harinya ......
Setelah melewati malam panjang dan dingin yang merupakan pengalaman baru , saya semakin terkesima dengan pamandangan indah matahari terbit dan meraba keabadian bunga edelweis, sungguh tak menyangka bakal melihat langsung bunga ini.
bunga edelweis dengan background puncak rinjani
sunrise yang indah

Add caption
sungguh indah ciptaan Tuhan :')

mata air
sumber mata air disini tidak sebersih dan tidak mengalir seperti pos 2, disini kita harus menggali pasir yang merupakan jalur sungai kering untuk medapatkan air. Tetapi saat itu sudah banyak galian lobang dengan air yang masih cukup untuk kebutuhan minum dan memasak. :)

Anda harus berhati hati terhadap barang bawaan yang diletakkan di samping tenda, karena banyak monyet monyet nakal muncul pada pagi hari yang siap mengambilnya apabila kita tidak waspada.
Tepat Pukul 10 pagi kami kembali memulai perjalanan, dan disinilah perjalanan yang sesungguhnya dimulai. setelah melewati Pos 3 yang berjarak 20 menit dari pos 3 bayangan, kita akan memulai pendakian yang cukup berat di bukit yang bernama BUKIT PENYESALAN .. Awalnya saya kaget saat diberitahu oleh mapala lombok yang tergabung di tim ketika dia mengatakan.
ini namanya bukit penyesalan, banyak dari pendaki baru yang berkata : mau diteruskan tapi tanjakannya woww,,, mau turun udah nanggung,, duuuhh
Saya yang notabenenya belum pernah sama sekali mendaki cukup terhentak dengan ucapannya,,, tapi saya semakin bersemangat dan semakin penasaran dengan puncak rinjani ini. :D
bekas terbakar
Satu persatu bukit penyesalan kami lewati.....
bukit penyesalan sekian
Dan satu persatu dari tim kami mulai tepar setelah melewat bukit yang sangat menguras tenaga,
mungkin dia lelah
Saya berbarengan dengan salah seorang cewek dari tim kami, cewek ini termasuk tangguh, dengan badan mungil tapi tenaganya mengalahkan para lelaki, hha,,
Kami berhasil mencapai puncak plawangan sembalun meninggalkan jauh teman teman yang lainnya di belakang.
cewek kuat
Tepat 14.00 Wita..
Perjalanan kami tempuh selama 4 jam dari pos 3 bayangan menuju puncak plawangan sembalun, tempat berkemah sebelum mencapai puncak rinjani.
puncak plawangan sembalun
Saya langsung jatuh hati pada gunung ini.. sebuah pemandangan yang belum pernah saya lihat sebelumnya di hidup saya,, Langsung teringat akan akan sebuah ayat alquran
NikmatKU yang mana lagi yang akan engkau dustakan

alhamdulillah

tim pertama danau segara anak
setelah berkemas dan mendirikan tenda, saya bersama 2 teman lainnya berjalan menuju sumber mata air untuk mencuci muka dan mengisi kekurangan air, sumbr mata air ini berada sekitar 100 meter di bawah, membutuhkan waktu setidaknya 30 menit untuk pulang pergi...
mata air
Tapi,, sungguh sangat disayangkan sekali,, pemandangan kumuh berseliweran disana sini,, sampah organik maupun non organik menumpuk, toilet yang sangat jorok dan sudah tidak bisa digunakan lagi, berbanding terbalik dengan pemandangan indah rinjani.
airnya dingin
SUBHANALLAH..........
pemandangan puncak plawangan sembalun

Total perjalanan
basecamp - pos 1               2jam 15 menit
pos 1 - pos 2                      1jam 15 menit
pos 2 - pos 3                      1jam 30 menit
pos 3- puncak plawangan  4 jam
total 9 jam perjalanan (tidak termasuk istirahat)

jadi kalau ingin mendaki langsung hari itu juga, anda bisa memulai pendakian pada pagi hari jam 7 dan akan tiba di puncak plawangan pada sore hari, :)