Senin, 01 September 2014

Rinjani,,, My First Hiking!

Ketika teman saya bertanya, "apa pengalaman yang paling kamu ingat dan paling berkesan sampai saat ini dalam perjalananmu?"

" RINJANI!! GUNUNG RINJANI!!"



Ya, itulah kata kata yang pertama kali terbesit dalam isi kepala ini ketika seseorang bertanya hal apa yang paling berkesan dalam perjalanan saya yang masih belum seberapa ini...

Rinjani mengajarkan banyak hal kepada saya...
mengajarkan selalu bersyukur akan ciptaanNYA yang sungguh sangat sangat tidak bisa diucapkan dengan kata kata, mengajarkan artinya persahabatan, semangat pantang menyerah, saling tolong menolong, dan tentunya sifat manusia ( keegoisan dan ketamakan)
Semua itu saya dapatkan saat proses pendakian gunung Rinjani,,, 
Rinjani merupakan gunung pertama yang saya daki dan itu sungguh sangat sangat mengesankan,, Pasalnya saya bukan seorang pencinta gunung, tidak pernah mendapatkan pendidikan dasar sama sekali tentang tata cara melakukan pendakian. Terbilang nekat! Ya begitulah, toh Dibayarin hahaha,,

Awal cerita bermula ketika saya baru kembali ke Ternate dari Jawa pada bulan Agustus, seminggu setelah lebaran idul fitri 2013. Saat itu saya sedang terlibat proyek foto wisuda tahunan Universitas bersama sahabat saya. Pada waktu itu dia berkata pada saya,
"ilham, ayo temani kita naik Gunung"
"Kemana?"
"Rinjani"
"wah, Gila lo ndroo!! gue kan baru aja sampai di ternate, masa udah pergi lagi,, duit udah habis, apa kata orang orang nanti khususnya nyokap"
"Tenang! Lo dibayarin kok, tapi ganti setengah harga tiket aja"
"Wah,, Keren ! Boleh juga tuh,,  TAPII...... Gue gak pernah naik gunung! dan ini gunung tinggi banget!"
"Ya udah, lo mulai deh latihan dari sekarang! jogging, renang, ato koprol di jalanan kek"
"hmmmm,....."
"Ohya, berangkatnya seminggu lagi ya"
"Oalah! Cepet banget! Lo mau jadiin gue tumbal rinjani ya! Gimana kalo gue ga kuat ato jatuh ke kawah?"
"Lah itu urusan lo! udah mending kita bayarin"
"$#^@%&#^@%!!!"
Ya begitulah sepenggal percakapan kami saat sesi pemotretan foto wisuda.. percakapan yang membuat saya tidak bisa berkonsentrasi penuh untuk memotret wisudawan. :D

Hari demi hari berlalu, dan saya masih belum menentukan bisa ikut atau tidak. Hal yang saya pikirkan hanya ketakutan akan medan pendakian Rinjani yang notabenenya Gunung berapi Tertinggi ketiga di Indonesia. Kuat atau Tidak? pemikiran itulah yang menghantui saya selama berhari hari, jangan sampai saat disana saya hanya menjadi beban dan menghambat kelancaran teman teman.
Empat hari sebelum keberangkatan saya memutuskan untuk tidak bergabung dalam pendakian yang bagi saya sendiri terbilang cukup Nekat ini,, saya mempertimbangkan beberapa hal, pertama, cukup banyak uang akan terkuras untuk persiapan pendakian, mulai dari sepatu, tas, matras dan peralatan gunung lainnya. Kedua, saya tidak ada pengalaman sama sekali dalam hal pendakian
Dua hari sebelum keberangkatan, saya berniat mengutarakan maksud pada sahabat saya bahwa tidak bisa ikut bergabung dalam ekspedisi ini. TAPI,, setelah sampai di sekretariat ukm fotografi, saya Terkejut dan bergetar melihat banyak deretan tas gunung, perlengkapan pendakian, tenda lalu Muncul kata kata random dibenak saya, 
"ilham, ayo ikut! kapan lagi? kamu harus keluar dari zona nyaman kamu! ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan! Gunung Pertama Rinjani Coyy,, Gratis pula!"
Tapi itu tak cukup untuk membuat saya lantas mengurungkan niat untuk membatalkan keikutsertaan ini. Semangat saya benar benar harus dibakar untuk sesuatu yang merupakan hal baru bagi saya. Terlalu takut untuk keluar dari zona itu.
Lalu saya akhirnya mengutarakan niat kepada sahabat saya jikalau saya tak bisa mengikuti ekspedisi ini. Dia terlihat sedikit kecewa, karena sayalah harapannya untuk mengakomodir perjalanan teman teman selama di luar ternate, karena saya cukup sering bepergian di daerah pulau Jawa, dan tak satupun dari peserta yang berjumlah 15 orang ini pernah bepergian ke luar ternate kecuali saya dan sahabat saya itu.
Lantas dia tak habis akal, dia mulai menunjukkaan video video perjalanan pendakian rinjani yang didownload di youtube..
saat itu, saya hanya berkata subhanallah,, wow, wow, wow,,, dan akhirnya zona nyaman tadi Runtuh juga,, hingga saya berkata "OK SAYA IKUT!" :D
dan detik itu juga saya dan sahabat saya langsung menuju toko peralatan pendakian untuk membeli Jaket, Celana, slyer, sepatu gunung, matras. Yeaaaahhh,,,, Rasanya sudah tidak sabar!! :D

Dan.........
" its was Amazing,, Subhanallah!  "
" Kita takkan tau kemampuan kita, kalau kita tak berani untuk mencoba! "
saya akan menceritakan pendakian di tulisan berikutnya,, :)
inilah hasil beberapa foto di Gunung Rinjani yang saya foto dari Ipod Touch 5


from where I sit, RINJANI




INDONESIA!!
Sesaat sebelum sampai di puncak


pemandangan puncak Sembalun, tempat kita berkemah
gowes di gunung yuk :D

Subhanallah!


pos pendaftaran



Bersambung......... ;)






3 komentar:

  1. Udah ada blog ya bro... keren.. rinjani salah satu destinasi impian saya...

    BalasHapus
  2. makasih sudah mampir broo, semangat nulis naik turun nih hha,,, semoga secepatnya ke Rinjani y ,, amiiin, :)

    BalasHapus
  3. post yang menarik,
    pengalaman Rinjani memang sangat berkesan apalagi mampu sampai puncak, mmhh bangga.

    terimakasi atas ceritanya, smoga Rinjani mampu menarik hati lagi untuk kembali mendaki.

    BalasHapus