Rabu, 05 November 2014

Menjelajahi Pulau Dodola, Morotai. "Maldives"nya Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Maldives atau Maladewa. Negara kepulauan yang terletak di samudera Hindia ini memiliki pemandangan yang sangat indah di tiap tiap pulaunya. Memiliki Resort resort terbaik di dunia dan juga dikenal dengan pulau yang memiliki titik tertinggi paling terendah di dunia.Tapi untuk liburan ke Maladewa tidaklah murah, tarif resort dan transportasi yang mahal membuat tidak semua orang indonesia yang bisa menikmati keindahannya.
Nah, di pulau Morotai provinsi Maluku Utara kita bisa menikmati sepenggal keindahan seperti yang tersaji di Maladewa. Tepatnya di pulau Dodola yang berjarak 30 menit menaiki speed boat. Pulau dengan pasir putih halus yang membentang sangat panjang akan memanjakan anda saat berkunjung kesini.
Pulau dodola, Morotai. Indonesia
 
Untuk menuju ke pulau Dodola dari kota Ternate ada tiga rute dan alternatif transportasi yang dapat digunakan. Pertama dengan pesawat cessna dengan keberangkatan Ternate-Morotai setiap hari senin, selasa, dan rabu  begitu pula sebaliknya dari Morotai dengan tarif 280k yang lama perjalanan 45 menit, Kemudian dilanjutkan dengan menyewa speed boat dari kota Daruba Morotai menuju pulau Dodola. Kedua yaitu dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Ahmad yani Ternate dengan keberangkatan setiap hari jumat malam dan rabu malam dengan tarif 150k dengan lama perjalanan 8-9 jam. Dan juga dilanjutkan dengan menyewa speed boat menuju pulau dodola. Ketiga yaitu dengan cara naik kapal ferry (30k) atau kapal cepat (50k) dari kota Ternate menuju Sofifi di pulau Halmahera selama 2 jam lalu dilanjutkan dengan travel (100k) menuju kota Tobelo dengan waktu 3-4 jam, kemudian dilanjutkan dengan speedboat atau kapal cepat (150k) selama 2 jam menuju Morotai. Tapi rute ini cukup menguras tenag, waktu dan uang.
Tarif penyewaan speed boat dari morotai menuju Dodola biasanya berkisar 500k-1jt rupiah tergantung besar dan tujuan lain yang akan dituju, alternatif lain bisa menggunakan perahu kecil dengan mesin atau katinting dengan tarif 300-500k Rupiah.

Sesampainya di Dodola anda akan melihat dua gugusan pulau yang disambungkan oleh hamparan pasir putih nan lembut, halus sehalus bubuk susu.
Apabila terjadi air pasang maka akan terpisah menjadi dua pulau yaitu Dodola kecil dan dodola besar. begitupun sebaliknya, jika terjadi air surut maka akan menyambung menjadi satu daratan indah pulau Dodola
pulau dodola besar
pasir di pulau dodola

Pulau dodola yang tak berpenghuni ini menjadi tujuan wisata favorit akhir pekan bagi wisatawan lokal yang tinggal di seputaran halmahera utara, baik dari Morotai sendiri ataupun dari kota Tobelo. Di Dodola terdapat beberapa cottages yang disewakan oleh pemerintah daerah Morotai, tarifnya yaitu 300k per cottage. Kita dapat menyewanya dengan menghubungi kantor parisiwata di kota Daruba Morotai. Tapi perlu diketahui yaitu tidak terdapat jaringan listrik disini, tetapi signal telepon seluler masih tersedia.
hallo from dodola


Dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari dodola besar kita akan sampai di Dodola kecil. Kita akan dimanjakan dengan gradasi laut yang begitu indah serta sentuhan pasir putih yang sangat lembut. Serta anda juga akan ditemani panasnya sengatan terik matahari



Jangan lupa untuk menggunakan lotion anti nyamuk, karena di Dodola kecil terdapat cukup banyak nyamuk kecil atau orang lokal menyebutnya "agas" yang bisa membuat anda gatal gatal, juga meninggalkan bekas setelah terjadi bentolan. :(
gosoooooonggg...


Selain lotion nyamuk, lotion SPF untuk kulit juga wajib dipakai, karena sengatan matahari di pulau dodola yang berada di garis khatulistiwa ini cukup cepat membuat kulit anda menjadi gelap. Saya korbannya, haha..
dodola kecil dan dodola besar


Pada setiap akhir pekan anda bisa menyewa jetski yang disediakan oleh pariwisata Morotai. Tarifnya cukup mahal, 500k per jam. Tapi masih bisa ditawar dan bila beruntung anda bisa menggunakannya dengan gratis andai anda kenal dengan petugas yang menyewakannya seperti saat saya waktu berkunjung kesana, gratiiissss,,, hhhe,.
couple on jetski
Selain pulau Dodola, ada beberapa tempat menarik lainnya yang bisa anda kunjungi saat melancong ke Morotai. Di Morotai sendiri terdapat Resort yang cukup bagusyang bernama Jababeka resort. Resort ini dikelola oleh investor Asing. Di bangun beberapa bulan sebelum dihelatnya Sail Indonesia di Morotai pada bulan september 2012. Presiden pernah akan menginap disini saat pembukaan sail indonesia pada waktu itu, akan tetapi karena keterbatasan waktu, Presiden SBY langsung terbang setelah pembukaan acara tersebut.
Jababeka resort, Morotai
Harga yang dipatok pengelola Resort ini adalah 500-800k per cottage, dapat diisi 2-6 orang. Cukup hemat andai kesini beramai-ramai. Tapi hanya punya 2 tempat tidur. 
Pada saat sore hari kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dari resort ini. Dan bisa berenang pada pagi sampai sore hari di hamparan pantai pasir putihnya.

Pulau lain yang indah selain pulau Dodola adalah pulau Zum zum.. Pulau ini merupakan tempat peristirahatan panglima angkatan laut Amerika di Asia Pasifik  jenderal Mc Arthur pada perang dunia saat memerangi kekuatan Jepang yang waktu itu menguasai hampir seluruh negara di asia Pasifik.

Di pulau zum zum ini terdapat patung Mc arthur yang di bangun kembali saat perhelatan Sail Morotai. Hamparan pasir putihnya pun tak kalah cantik dengan pulau Dodola. Pasirnya lebih lembut dan mudah sekali kaki terbenam saat menginjak pasirnya di bibir pantai.
patung mc Arthur
panorama pulau zum zum
Selain Pantai, anda bisa menjelajahi masa lalu perang dunia kedua disini. Anda bisa melihat bangkai bangkai pesawat, tank tentara amerika, jepang dan negara lainnya. Serta peninggalan peninggalan lainnya hasil perang dunia kedua. Terdapat museum yang mengoleksi berbagai peninggalan tersebut.
Sementara bagi anda yang suka dengan dunia bawah laut, anda bisa melihat bangkai bangkai pesawat terbang dan tank di kedalam 20m hingga 40 meter.

bangkai tank amerika
pelabuhan kapal cepat morotai
Tunggu apalagi, Ayo kunjungi Maldivesnya Indonesia ini... Dijamin tidak akan menyesal. keindahan darat dan dalam lautnya akan memanjakan mata anda. :)


10 komentar:

  1. masya allah.. kereen.. a nice view :)
    paradise-nya Indonesia, ya, Mas..

    BalasHapus
  2. setuju... gak akan pernah penyesal.. semua lelah dan biaya yang dikeluarkan akan terbayar lunas, bahkan dikasih kembalian dah heehehee.... someday, pengen kesini lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya hidup disana mahal apa gk bro,, sebelumnya pas ksna habis berapa biar ada patokan duit tuk bawa lebih

      Hapus
  3. bagus sekali ya morotai. saya jadi pengen ke sana juga. kalau saya mau kesana dengan menggunakan pesawat. penerbangan apa ya yang terbang ke morotai?
    terima kasih sebelumnya. email saya : parjoni@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Bang kalo misal jadi guide sama potograper aja bisa bang??

    BalasHapus
  5. Makasih ya sangat bermnafaat sekali sher yang diberikan

    BalasHapus
  6. waaah menarik infonya, kebetulan aku ad rencana mau ke morotai bulan des nanti, boleh minta infonya mengenai penginapan dll di morotai? kl boleh bisa email ke wulansari.melda@gmail.com

    terima kasih..

    BalasHapus
  7. masih cukup mahal kalau dari jakarta ya, pesawat pp bs 4-5jt

    BalasHapus