Jumat, 31 Oktober 2014

Menikmati indahnya Kepulauan Rempah Rempah dari puncak tertinggi Maluku Utara


Kie Matubu, itulah nama puncak dari gunung lancip mirip piramida ini. Tapi masyarakat Maluku Utara lebih mengenal gunung ini dengan nama gunung Tidore, karena terletak di pulau Tidore. Dengan ketinggian 1730 meter di atas permukaan laut, menjadikan puncak gunung ini merupakan titik tertinggi di Provinsi Maluku Utara.
pemandangan gunung Tidore dan Maitara dari Ternate


Walau dengan tinggi yang tak begitu menjulang, Tapi pemandangan yang disuguhkan dari puncak gunung Tidore tidak kalah dengan gunung gunung yang ada di pulau Jawa. Dari puncak tidore kita bisa melihat dengan jelas keindahan pulau Ternate beserta Gunung Gamalama yang menjulang indah didampingi pulau kecil ciamik yang berada di tengah tengah pulau Ternate Tidore yang bernama pulau Maitara.
I feel Freeeeeee!
Saat malam hari kita bisa melihat gemerlap cahaya di kaki gunung Gamalama. Sangat dianjurkan untuk melakukan pendakian pada pertengahan bulan, yakni pada bulan penuh, sehingga kita bisa melihat dengan jelas pemandangan sekitarnya dibantu cahaya rembulan yang terang benderang.
ketika bulan purnama
Di sisi selatan, pemandangan tak kalah indah juga tersaji membentang. Tiga pulau indah, (Mare, Moti, Makian) yang berjejeran. Sedangkan disisi barat, terlihat gugusan pulau Halmahera, jailolo, sofifi dan sekitarnya. Semua pemandangan itu akan memanjakan mata anda selama berada di puncak Kie Matubu.
Pulau Mare, Moti, Makian

Pendakian menuju puncak Tidore dapat ditempuh dengan waktu lebih kurang 4 jam dari Desa terakhir Gurabunga. Desa Gurabunga yang berada di kelurahan Gurabung sendiri dijuluki kampung diatas awan, karena udaranya yang cukup dingin dan seringkali ditutupi kabut. Sebelum memulai pendakian kita harus meminta izin kepada "sohi" atau Kepala Lurah Gurabunga, tak ada retribusi yang harus dibayarkan untuk melakukan pendakian melainkan kita hanya akan mendapat nasihat berupa larangan larangan yang harus dihindari pada saat berada di Puncak Tidore. itu saja..

tampak desa Gurabunga di daratan tinggi Tidore
Apabila anda hanya punya waktu terbatas mengunjungi Ternate dan berkeinginan untuk melakukan pendakian gunung Tidore, anda bisa melakukan pendakian dalam satu hari.
Hal yang harus anda lakukan adalah memulai perjalanan dari Ternate pada pagi hari sekali dengan menyewa speed boat dari pelabuhan bastiong menuju pelabuhan Rum Tidore, tarifnya sekitar 100k. ini bertujuan agar anda dapat kembali ke Ternate pada sore harinya. Perjalanan dari Ternate Tidore hanya ditempuh dengan waktu 7 menit. Alternatif lain apabila menggunakan kendaraan pribadi anda dapat menggunakan jasa penyebrangan ferry, tapi jadwal keberangkatannya jam 7pagi dan lama perjalanan 45 menit membuat waktu anda yang sempit akan tersita.
Dari pelabuhan Rum perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Soa sio dengan angkutan umum, tarifnya 10 k, alternatif lain anda bisa menyewa langsung mobil untuk langsung ke Gurabunga, tarifnya berkisar 150rb. lama perjalanan dari Rum menuju Soa sio adalah 45 menit. Sedangkan dari Soa sio menuju Gurabunga berkisar 20 menit.
bonusnya tidak banyak loh, hha
Setelah meminta izin anda dapat langsung melakukan pendakian menuju puncak Tidore. Pertama tama anda akan melewati perkebunan cengkeh dan pala, cukup membingungkan apabila baru pertama kali. Karena banyaknya jalan yang bercabang, jalur warga untuk berkebun. Komoditas utama mata pencarian masyarakat disini di lereng gunung ini adalah Tomat, cengkeh dan pala. Sepanjang jalur pendakian anda akan dimanjakan dengan aroma cengkeh dan pala.

kota soa sio
Lebih kurang 4 jam pendakian akan anda tempuh dengan  medan kemiringan yang cukup membuat betis anda berdenyut denyut.
Uniknya Gunung ini adalah anda akan langsung sampai pada puncak tertingginya dan bisa langsung mendirikan tenda. Ya, anda mendirikan tenda pada puncaknya. Tak perlu lagi untuk bangun pada malam hari dan kembali mendaki seperti gunung gunung di Jawa.
kawah yang sudah tak aktif lagi
Gunung Tidore terakhir meletus pada tahun 1800an. dan sekarang sudah tidak aktif lagi. kawahnya yang sedalam kurang lebih 100m sudah banyak ditumbuhi pohon pohon besar. Mungkin juga ada anaconda yang bersarang dibawah sana, haha.. 
yeeahh,,



pasir timbul
pulau maitara, anak dari om Ternate dan Tante Tidore :D
terlihat bandara babullah dan pemandangan kota Ternate
Agar lebih menikmati gunung Tidore, alangkah baiknya menginap semalam di puncaknya. Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit di ufuk timur yang muncul dari gugusan pulau di Halmahera dan terbenam indah di telan lautan. 

Apabila hanya melakukan pendakian selama satu hari saja agak berisiko cuaca berawan di puncak Tidore pada siang hari.

Puncak Tidore ini adalah secuil keindahan yang ditawarkan oleh Kepulauan Rempah - rempah Maluku Utara. layak untuk masuk dalam destinasi anda yang apabila menyukai tantangan.  So.. Tunggu apalagi, apabila berkesempatan melancong ke Ternate, sempatkan untuk mencoba tantangan mendaki puncak tertinggi Maluku Utara ini.. :)

Foto Foto ............
kepulauan Rempah rempah
jailolo nun jauh disana
indah bukan?

so,, tunggu apalagi? ayo ke Ternate dan Tidore :D





6 komentar:

  1. izin copast foto2nya hehe

    BalasHapus
  2. postinganx keren, tingkatkan !!!

    BalasHapus
  3. beautiful, izin ambil foto2nya ya, pemiliknya ttp dicantumkan :)

    BalasHapus
  4. Keren sekali. Saya izin menggunakan fotonya sbg bahan artikel di blog saya. Sumber (blog ini) akan dicantumkan sbg hak cipta.

    BalasHapus